Minggu, 13 Januari 2013

Terlempar ke masa lalu

Tuh bener kan, hasrat menulis ini bagai sedang sakit perut yang tidak tertahankan .... aku mau nulis pengalaman ku hari Jumat 11 Januari 2013.

Hari Kamis tanggal 10 Januari 2013 sekitar pukul 15 ..... hp istriku berbunyi .... ternyata Inna Lillahi Wa Inna Illaihi Roji'un .... sebuah kabar sedih dari Awonk suami adik iparku, ayahanda nya telah wafat. Beberapa hari yang lalu padahal saya baru saja ngobrol2 dengan Awonk di teras kontrakanku soal penyakit yang diderita ayahnya, dan kegundahan Awonk karena dia merasa belum bisa banyak berbakti kepada ayahnya. Percakapan itu membuat saya terpekur, karena terus terang saya juga belum sempat berbakti kepada ayah angkatku dan ayah kandungku sampai mereka tutup usia. Saya menutup percakapan dengan Awong dengan sebuah nasehat, berusahalah terus untuk berbuat semampu kita untuk berbakti kepada ayahanda, selagi beliau masih ada ...... 

Esok harinya saya bersama Willy istri saya dan Dhio si bungsu, berangkat menuju rumah duka, di tengah jalan adik ipar saya Tri menyusul naik angkot yg kami tumpangi. Aneh, biasanya saya paling grogi kalau pergi melayat, kali ini saya hanya merasakan sedih saja. 
Sesampai di rumah duka, rupanya bertepatan dengan baru pulangnya keluarga dari prosesi pemakaman 

Loncat dulu ah cerita nya ..... malam harinya saya kembali terpekur ..... perasaan saya bagai terlempar kembali ke tahun 1994, saat ayah angkat saya wafat. Rasa aneh, sedih, bingung bercampur aduk menjadi satu, saat menyadari bahwa sosok ayah yg saya temui, rasakan sejak usia 5 bulan, tiba tiba tidak ada, hilang dari kehidupanku. Tidak ada lagi suara dehemnya dari ruang kerjanya, tidak ada lagi yang menyuruh saya diam saat beliau serius menonton TV, tidak ada lagi sosok beliau yang sedang mengerjakan sesuatu di garasi, atau berolah raga setiap saya akan mengambil motor untuk pergi kuliah, tidak ada lagi sosok yang sering berargumentasi dengan cukup keras dengan saya, tidak ada lagi yang menceramahi saya berjam jam hanya karena salah paham ..... ya tidak ada lagi sosok ayah yang saya cintai dan sayangi sekaligus sering membuat saya dongkol setengah mati. Usia kami memang terpaut jauh sekali, beliau itu pantasnya menjadi kakek saya. 
Namun saya tau persis, beliau selalu berusaha untuk menjadi ayah yang baik bagi saya. He is the best father that i've ever had.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar