Minggu, 04 April 2010

Surat untuk kedua putraku

Akang Deva dan Ade Dhio, putra putraku ….

Yang pertama terbersit di benak ayah saat menulis ini adalah rasa syukur yang tidak terhingga karena Allah SWT. sudah menitipkan kalian kepada ayah dan bunda.
Dengan hadirnya kalian dalam hidup ayah, ayah memiliki harapan besar pada kalian, kepada kalian lah nanti wanita yang paling ayah cintai yaitu bunda kalian akan ayah titipkan, saat ayah sudah tidak mempunyai kemampuan untuk melindungi bunda kalian.
Besar harapan ayah juga pada kalian, saat ayah sudah meninggal nanti, kalian lah yang menandu keranda ayah, yang menghantarkan ayah ke tempat peristrirahatan yang terakhir, yang mengirimi ayah doa doa yang menyejukkan ayah di alam sana …

Anak anaku tercinta, ayah sadar kalau kalian ini hanyalah amanah dari Allah, yang bisa kapan saja Allah ambil kembali, namun seringkali ayah begitu ketakutan kehilangan kalian, ayah begitu ketakutan akan hal buruk menimpa kalian …. ingin rasanya ayah menjadi superman sekaligus highlander yang immortal untuk tetap bisa melindungi kalian dari segala macam marabahaya, namun impian itu harus ayah kubur dalam dalam, ayah hanya bisa memohon dengan segala kerendahan hati kepada Allah, agar tetap mengamanahkan kalian kepada ayah dan bunda, agar ayah bisa menyaksikan kalian tumbuh tanpa kekurangan sesuatu apa pun. Rasanya melepas nafas terakhir akan terasa indah kalau ayah sudah bisa melihat kalian menjadi laki laki sukses dalam kehidupan dunia juga untuk akhirat nanti dan ayah bisa menitipkan bunda kalian yang begitu sangat ayah cintai kepada kalian berdua ….

Anak anakku tercinta, maaf bila harapan harapan ayah ini tak sebanding dengan apa apa yang bisa ayah berikan pada kalian. Ayah sadar kalau ayah belum bisa menjadi ayah sebaik ayah ayah yang lain, tapi hanya kepada kalian lah harapan ayah gantungkan, ayah berharap kalian mau terus memaklumi serta memaafkan kekurangan dan kelemahan ayah. Kalau saja kalian tau isi hati ayah …. betapa ayah iri melihat ayah ayah lain yang bisa memberikan banyak waktu, perhatian dan berbagai macam fasilitas bagi anak anaknya. Ayah tau kalau rasa iri itu tidak baik menurut agama, namun rasa sayang ayah pada kalian dan belum mampu-nya ayah untuk memberikan kehidupan yang layak seperti anak2 yang lain lah yang menumbuhkan perasaan iri itu. Maafkan ayah ya anak anak ……

Anak anakku tersayang, jangan salah paham kalau ayah begitu keras menegur kalian saat kalian melakukan kesalahan, ayah begitu cerewet dengan peringatan-peringatan dan aturan aturan ayah. Kalau ayah boleh jujur, memarahi atau menegur kalian itu sama saja rasanya seperti ayah melukai hati ayah sendiri. Perih rasanya hati ayah melihat kalian tertunduk atau menangis saat dimarahi ayah, namun ayah sebagai orang tua yang kalau betul2 sayang pada anak anaknya, tidak boleh dan tidak bisa membiarkan anak anaknya melakukan kekeliruan atau kesalahan. Tolong ingat baik baik anak anakku, setiap ayah memarahi atau menegur kalian, itu tandanya ayah sangat sayang kepada kalian, bukan marah karena kebencian atau ketidaksukaan.

Anak anakku, intan permata hatiku, aku tidak berharap apa apa dari kalian, aku tidak berharap imbalan apa pun dari kalian, karena menjaga, merawat dan membesarkan kalian adalah tugas mulia dari Allah, dan aku begitu bersyukur, bahagia dan bangga mendapat tugas dan kepercayaan itu dari Allah. Harapanku sebagai ayah hanya lah bisa melihat kalian tumbuh menjadi insan insan yang shaleh, yang selalu berhati hati meniti jalan kehidupan, insan insan yang sukses dunia akhirat, saling menjaga satu sama lain, dan tentunya menjaga baik baik bunda kalian ….. itu saja. Ayah tidak mau menjadi beban bagi kalian, karena ayah sudah merasa terlalu banyak kekurangan sebagai ayah.

Anak anakku amanah Allah, hanya rasa sayang cintaku yang tak berbatas ini lah yang ayah punya untuk kalian. Kebahagiaan kalian adalah kebahagiaan bagi ayah, sedih dan tangis kalian juga merupakan sedih dan tangis bagi ayah …..

Ya Allah, jadikanlah anak2 hamba ini menjadi insan insan yang shaleh, lindungilah mereka, berikanlah hidayahMu selalu bagi mereka, jauhkan mereka dari pelbagai marabahaya, mudahkan dan lancarkan lah jalan hidup mereka …. jadikan lah hambaMu ini menjadi ayah dan suami yang selalu lebih baik dari hari hari sebelumnya, Amin Ya Robbal Alamin …


Tidak ada komentar:

Posting Komentar